1.2.b.11. Aksi Nyata -Nilai dan
Peran Guru Penggerak
Made Pujangga_CGP SMAN 1 Basarang Kapuas Kalimantan Tengah Angkatan 1 Tahun 2020
Fasilitator : Rini Nuraeni, M.Si
Pendamping : Aristanika, S.Psi
1. Latar belakang yang dihadapi oleh Calon Guru Penggerak
Menurut Ki Hajar Dewantara (KHD), pendidikan dan pengajaran memiliki makna yang berbeda dalam memahami arti dan tujuan pendidikan. KHD mengatakan, bahwa pengajaran merupakan proses pendidikan yang dilakukan dalam memberi ilmu yang bermanfaat untuk kecakapan hidup seorang anak secara lahir dan batin. Pendidikan memberikan tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.Seorang anak baru dilahirkan bukanlah sebuah kertas putih yang kosong namun sebuah kertas buram. Tugas guru bagaimana agar apa yang ada pada kertas buram itu bisa menjadi lebih jelas dan bermakna. Murid tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Melelui pemahaman ini maka guru akan mudah memperjelas apa yang telah digariskan pada kertas buram tersebut.
Guru
sebagai seorang pendidik harus mampu untuk menumbuhkan motivasi intrinsik yang
ada dalam diri murid. Peningkatan motivasi intrinsik pada murid akan dapat
membangkitkan keberaniannya, semangat untuk belajar, berani untuk mencoba hal
yang baru dalam pembelajaran, berani dalam berkomunikasi, saling menghargai
teman yang berpendapat, dan lainya.Membiarkan anak berkembang sesuai dengan
minat bakatnya sangat perlu diterapkan pada murid agar motivasi intrinsik dalam
hal percaya diri akan muncul. Murid bisa berkreasi sesuai dengan keinginannya.
Mereka akan merasa merdeka dalam belajar.
SMAN 1 Basarang merupakan salah satu SMA Negeri di kabupaten Kapuas yang terletak di Jalan Trans Kalimantan KM 11 Desa Basarang Jaya kecamatan Basarang. Di SMAN 1 Basarang memiliki keberagaman agama ( Islam, Hindu,Kristen ), budaya, ras ( Dayak, Bali, Jawa, Banjar ) sehingga menjadi sebuah warisan yang sangat penting dan menjadi poros pendidikan itu sendiri.Di samping itu, masih banyaknya rekan sejawat yang belum memahami pentingnya implementasi KBM menyenangkan berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang menjadi salah satu alasan Kami melakukan aksi nyata terkait modul 1.2 Peran dan Nilai Guru Penggerak ( Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang ).
Deskripsi nyata yang dilakukan dan alasan melakukan aksi tersebut.
Berdasarkan rancangan aksi nyata, deskripsi nyata yang
dilakukan dan alasan melakukan aksi tersebut sebagai berikut :
Linimasa
tindakan yang akan dilakukan
Perencanaan
Tanggal 20 November 2020 mengadakan rapat dewan guru
dan kepala sekolah untuk mensosialisasikan program Mengimplementasikan
Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang
Menyampaikan hal-hal
yang harus disiapkan kepada teman sejawat
Pelaksanaan
Tanggal 23, 24,25
november 2020 mulai program mengimplementasikan penyelenggaraan KBM
menyenangkan berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi kegiatan
yang telah dilaksanakan apakah sudah mencapai tujuan atau belum
Memperbaiki kekurangan
yang terdapat pada kegiatan yang telah dilaksanakan
3.
Hasil dari aksi nyata yang dilakukan
·
Tampak 20 November 2020 terselenggaranya
rapat dewan guru dan kepala sekolah untuk mensosialisasikan program
Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global
di SMAN 1 Basarang
·
Tampak tersampaikannya hal-hal yang
harus disiapkan kepada teman sejawat
·
Tampak terimplementasikannya KBM
menyenangkan berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang : 23 November 2020
Bapak Made Pujangga, S.Pd Selaku CGP memberi pengarahan terkait aksi nyata program
Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global
SMAN 1 Basarang di kelas sebelum pelaksanaan aksi nyata.
·
Tampak 23 November 2020 KBM menyenangkan
berbasis aktivitas diluar kelas Bahasa Inggris Kelas XII IPA 1 oleh Bapak I
Wayan Sekartaji, S.Pd, 23 November 2020 KBM menyenangkan PJOK berbasis media proyektor XII IPA 2 oleh Bapak
IB Ridawan, 24 November 2020 KBM menyenangkan Prakarya berbasis aktivitas di kebun sekolah XI IPA 1
oleh Bapak I Made Purby C, S.Pd, 25 November 2020 KBM menyenangkan Pendidikan
Agama Hindu X IPS 1 oleh Ibu KT.
Mariyani A, S.Ag.
·
Tampak testimoni dari pemangku
kepentingan seperti WAKA Kurikulum, WAKA Kesiswaan, Peserta didik pada umumnya
merespon positif tentang Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan
Global di SMAN 1 Basarang.
·
Kegiatan sudah berjalan dengan baik dan
direspon positif
· Kegiatan yang dilakukan masih ada kekurangan maka evaluasi dan program tindak lanjut kedepan telah kami lakukan melalui kolaborasi dan komunikasi.
Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan (kegagalan dan keberhasilan)
Penyelenggaraan
KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang dapat terpenuhi,
output dari kegiatan pembelajaran diutamakan pada terealisasinya penumbuhan
karakter dan terlahirnya insan pendidikan berKebinekaan Global sebagai salh
satu profil pelajar pancasila dalam KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global
di SMAN 1 Basarang. Kegiatan yang dilakukan masih ada kekurangan maka evaluasi
dan program tindak lanjut kedepan telah kami lakukan melalui kolaborasi dan
komunikasi.
Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang
·
Dalam Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM Yang Menyenangkan
berbasis Kebinekaan Global Di SMA Negeri 1 Basarang , penulis sebagai CGP
melakukan rencana perbaikan dimasa mendatang dengan melakukan beberapa hal
sebagai berikut:
·
Proses Penyelenggaraan KBM Yang
Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global Di SMA Negeri 1 Basarang yang telah
berjalan agar senantiasa ditingkatkan dan dievaluasi agar hasil yang diperoleh
juga meningkat, mengingat betapa pentingnya Penyelenggaraan KBM Yang
Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global Di SMA Negeri 1 Basarang.
·
Untuk Penyelenggaraan KBM Yang
Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global Di SMA Negeri 1 Basarang sebaiknya
tidak hanya dilaksanakan oleh guru tertentu saja.namun hendaknya menjadi budaya
positif sekolah.
·
Siswa akan lebih konsentrasi dan lebih
meningkatkan motivasinya untuk belajar lebih jika Penyelenggaraan KBM Yang
Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global Di SMA Negeri 1 Basarang benar- benar
terimplementasi secara tulus dan berhamba pada murid.
Dokumentasi Proses Pelaksanaan Aksi Nyata
NO |
DOKUMENTASI |
KETERANGAN |
1 |
|
PENJELASAN TENTANG RANCANGAN PROGRAM AKSI OLEH CGP Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM Menyenangkan
berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang |
2 |
|
Rapat
dewan guru dan kepala sekolah untuk mensosialisasikan program Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM Menyenangkan
berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang |
3 |
|
Sambutan IBU FUYI YANTI PIMAE, M.Pd Kepala
SMAN 1 Basarang terkait program Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM
Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang |
4 |
|
Penjelasan oleh CGP Basarang terkait
program Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis
Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang |
5 |
|
Sosialisasi program KBM Menyenangkan
berbasis Kebinekaan Global kepada peserta didik di kelas oleh Bapak Made
Pujangga, S.Pd selaku CGP |
6 |
|
KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global
di SMAN 1 Basarang Bahasa Inggris oleh Bapak I Wayan Sekartaji, S.Pd |
7 |
|
KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global
di SMAN 1 Basarang PJOK oleh Bapak IB RIDAWAN |
8 |
|
KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global
di SMAN 1 Basarang PKWU oleh Bapak I Made Purby C, S.Pd |
9 |
|
KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global
di SMAN 1 Basarang Pendidikan Agama Hindu oleh Bapak Ibu Kt.Mariyani |
10 |
|
Testimoni dari WAKA KURIKULUM terkait program Mengimplementasikan
Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1
Basarang |
11 |
|
Testimoni dari WAKA KESISWAAN terkait
program Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis
Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang |
12 |
|
Testimoni dari dewan guru terkait program Mengimplementasikan
Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis Kebinekaan Global di SMAN 1
Basarang |
13 |
` |
Testimoni dari peserta didik terkait
program Mengimplementasikan Penyelenggaraan KBM Menyenangkan berbasis
Kebinekaan Global di SMAN 1 Basarang |
14 |
|
Beriman kepada Tuhan, selain membawa
akibat emansipasi kemanusiaan bagi dirinya, juga mendorong tumbuhnya pola
hidup saling menghormati sesame manusia. Jika Tuhan sendiri memuliakan
manusia, maka apalagi manusia harus menghormati sesamanya. |
LINK YOUTUBE DOKUMENTASI VIDEO
https://youtu.be/oMXag5w0AeE
SENYUM, SALAM, SAPA,SOPAN, SANTUN
DARI BUMI TAMBUN BUNGAI
SALAM DAN BAHAGIA : DISIPLIN ITU ASYIK,
BERBUDAYA ITU KEREN
Semoga praktik baik ini menjadi referensi dalam melakukan perubahan positif di sekolah
BalasHapusMantap, Lanjutkan dan Tingkatkan 👏
BalasHapusMantap
BalasHapusNice, tingkatkan
BalasHapusMantap, tingkatkan
BalasHapusMantap,sangat bermanfaat
BalasHapusSangat bermanfaat, mantapp
BalasHapusSangat bermanfaat, mantapp
BalasHapusSangat bermanfaat, mantapp
BalasHapusMantap, sangat menginspirasi dan bermanfaat.
BalasHapusSangat menginspirasi dan bermanfaat
BalasHapusBagus pak sangat menginspirasi
BalasHapusSemoga kedepan nya lebih menginspirasi
BalasHapusSangat memginspirasi sekali pak
BalasHapus